MNC PEDULI GELAR PELATIHAN TRAUMA HEALING UNTUK RELAWAN DI BANTEN
2019-02-04

Di akhir 2018, telah terjadi bencana tsunami yang melanda daerah disekitar selat sunda khususnya di daerah kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang - Banten dan di kabupaten Lampung Selatan. Menurut data BNBP (25/12/19), kondisi terparah terkena dampak tsunami berada di daerah Kabupaten Pandeglang dengan masyarakat yang terkena dampak langsung yaitu 290 orang meninggal dunia, dan 1143 orang menderita luka-luka.

Dengan melihat kondisi tersebut, banyak masyarakat yang mengalami kehilangan anggota keluarga, materi maupun ganguan psikologis, khususnya anak-anak yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung akibat bencana tsunami tersebut. MNC Peduli berinisiatif menyelenggarakan pelatihan ToT di Jakarta dan relawan di Pandeglang yang bermaterikan khusus  menangani anak yang mengalami ganguan stress pasca trauma dengan mengundang peserta dari berbagai lembaga swadaya masyarakat dan instansi pemerintah terkait yang nantinya bisa memberikan bantuan psikologis bukan hanya kepada anak-anak yang terkena bencana tsunami di daerah selat sunda saja, tetapi bisa diterapkan kepada anak-anak di seluruh Indonesia yang terkena dampak bencana apapun, dikarenakan Indonesia secara geografi merupakan daerah rawan bencana yang dikelilingi oleh lempeng tektonik dunia dan juga berada pada cincin api pacifik.

Pada tanggal 3 Februari, MNC Peduli mengadakan pelatihan untuk relawan lokal di pandeglang dengan materi  ganguan stress pasca trauma untuk anak-anak dikelompok umur 6-11 tahun. Kegiatan ini dilakukan MNC Peduli bekerjasama dengan Laz Harfa dan Dinas Pendidikan setempat dimana peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dibatasi maksimal 50 relawan yang terdiri 15 orang dari lebaga swadaya lokal dan 35 orang guru-guru dari berbagai  sekolah yang terdampak.

Kegiatan ini dimaksudkan agar relawan setempat yang lebih mengetahui budaya dan kebiasaan masyarakat setempat bisa  lebih mempercepat dalam pemulihan trauma.

LATEST CSR